Pada hari Selasa (12/12/2023), Program Studi Psikologi Universitas Abdurrab melaksanakan kuliah tamu dengan tema “How to Manage Data for Qualitative Research”. Pada tema ini dijelaskan mengenai “membuat transkripsi, koding, dan analisis data hasil wawancara untuk menentukan pola/model/temuan data penelitian kualitatif” oleh narasumber luarbiasa kita, yaitu Ibu Dhestina Religia Mujahid, M.A., M.M. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring (online) yang dimulai dari jam 08:00 s/d 12:00 WIB dan diikuti sebanyak  ± 120 mahasiswa dari angkatan 2021, 2022, dan mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi dengan pendekatan kualitatif. Kegiatan kuliah tamu ini dibuka oleh Nurul Aini selaku MC pada kegiatan tersebut yang dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Waode Ernawati dan Doa oleh Reza Vina Almugfy, serta penyampaian materi oleh Ibu Dhestina Religia Mujahid, M.A., M.M.

Kegiatan kuliah tamu ini bertujuan untuk membagikan ilmu dan wawasan Ibu Dhestina Religia Mujahid, M.A., M.M kepada mahasiswa Program Studi Psikologi Universitas Abdurrab mengenai bagaimana cara membuat transkripsi, koding, dan analisis data hasil wawancara untuk menentukan pola/model/temuan data penelitian kualitatif. Tidak hanya penyampaian materi oleh Ibu Dhestina Religia Mujahid, M.A., M.M, namun ada juga sesi diskusi untuk membahas lebih dalam mengenai penelitian kualitatif. Dengan adanya penyampaian materi oleh Ibu Dhestina Religia Mujahid, M.A., M.M memberikan harapan agar mahasiswa-mahasiswa dapat memahami lebih dalam mengenai penelitian kualitatif dan melancarkan segala proses mahasiswa dalam menghadapi penelitian kualitatif.

Kegiatan kuliah tamu ini disambut dengan meriah dan antusias oleh para mahasiswa. Kegiatan ini pun diakhiri dengan sesi pemberian sertifikat dan foto bersama serta diakhiri dengan keadaan lancar, tertib, dan bahagia. Kami mendoakan semoga setiap langkah Ibu Dhestina Religia Mujahid, M.A., M.M selalu dirahmati Allah SWT dan diberikan kesempatan lagi untuk berbagi ilmu dan wawasan bersama mahasiswa-mahasiswa Program Studi Psikologi Universitas Abdurrab.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *